No. | 5S (Jepang) | 5S (Indonesia) | Arti |
1 | Seiri | Sortir / Ringkas | Menyortir atau memisahkan barang yang diperlukan dan yang tidak diperlukan. |
2 | Seiton | Susun / Rapi | Menyusun barang sesuai tempatnya. |
3 | Seiso | Sapu / Resik | Membersihkan area kerja. |
4 | Seiketsu | Standarisasi / Rawat | Menjadikan tempat kerja yang sudah rapi dan bersih sebagai standar yang harus dijaga dan pelihara. |
5 | Shitsuke | Swadisiplin / Rajin | Menjadikan 5S sebagai disiplin kerja. |
Untuk menerapkan konsep 5S, kita harus memusatkan perhatian pada unsur “ Shitsuke ” yang yang menopang ke-4 unsur lainnya. Penanaman unsur “Shitsuke ” merupakan point yang sangat penting.
Perhatikanlah grafik siklus kontrol di bawah ini. Sangatlah penting bagi siklus kontrol untuk mengalami peningkatan seiring berjalannya waktu. Demikian juga dengan pilar “Shitsuke ” yang harus mengalami peningkatan bersamaan dengan peningkatan kualitas aktivitas 5S. 4S yang terdiri dari “Seiri ”, “Seiton ”, “Seiso ” dan “Seiketsu ” merupakan unsur yang kita terapkan terhadap barang/masalah tertentu sebagai objek. Lain halnya dengan “Shitsuke ” yang merupakan unsur yang diterapkan pada diri kita sendiri. Karena itu, “Shitsuke ” bukan merupakan faktor bawaan alamiah dari dalam diri kita sendiri, melainkan hal yang harus diajarkan agar bisa diterapkan. Oleh karenanya penerapan unsur “Shitsuke ” terhadap karyawan juga berbeda-beda, disesuaikan dengan sifat, cara berpikir, kemampuan kerja, dan berbagai faktor lain masing-masing orang.
Perlu diingat bahwa tujuan penerapan 5S adalah untuk menciptakan lingkungan kerja yang efektif dan efisien sehingga dapat mendukung tercapainya hasil kerja yang optimal. Mengingat dasar diatas dan tujuan dari 5S, maka penerapan 5S dapat dibagi menjadi 3 tahap, yaitu:
5S / 5T | BASIC | INTERMEDIATE | ADVANCED |
TAHAP | PERSIAPAN | PEMBUDAYAAN 5S (5S YANG EFEKTIF) | PENERAPAN 5S TINGKAT LANJUT. |
PERSIAPAN | MEREKAM KEADAAN SEKARANG | MEMOTRET PENAMPILAN BARU DI TEMPAT KERJA | MENGEVALUASI PABRIK YANG TELAH MEMBUDAYAKAN 5S |
Sumber: http://simpleqs.wordpress.com